Senin, 11 Februari 2013

Ketentuan Pembuatan Makalah / Cara Membuat Makalah


Ketentuan pembuatan makalah:
·      Makalah maksimum berisi 12 halaman ukuran A4 termasuk gambar dan tabel, dikirim dalam bentuk cetak dan file elektronik ke sekretariat panitia.
·      Makalah diketik dengan format document (.doc) pada ukuran kertas A4, font Times New Roman 10 pt, spasi tunggal dan justified.
·      Format makalah 2 kolom dengan batas antar kolom 1 cm dan margin atas dan kanan 2,5 cm, margin  bawah dan kiri 3 cm.
·      Makalah Lengkap diterima panitia paling lambat : Senin, 30 Juli 2012
·      Pemberitahuan bahwa makalah diterima atau tidak diterima : Senin, 03 September 2012
·      Batas pendaftaran/konfirmasi bagi pemakalah/peserta/undangan, termasuk pengiriman revisi makalah via email/pos: Jum’at, 14 September 2012
·      Seorang peserta penyaji paling banyak mengirimkan 2 makalah
·      Makalah yang dipresentasikan dan memenuhi kriteria panitia akan diterbitkan dalam buku prosiding dengan ISSN : 0854 - 2910
M  A L A Hdul Makalah ditulis dengan huruf kapital, nama penulis, nama instansi ditulis simetris ditengah.
ABSTRAK
Berupa sari keseluruhan makalah, maksimum 200 kata, mencakup latar belakang masalah, tujuan, cara penyelesaian dan hasil/kesimpulan. Judul makalah ditulis dengan huruf kapital dilanjutkan dengan isi abstrak dalam satu alinea. Untuk abstrak dalam bahasa Inggris judul makalah ditulis lagi dengan huruf kapital dilanjutkan dengan isi abstrak ditulis dalam satu alinea.
PENDAHULUAN
Berisi informasi latar belakang, lingkup penelitian dan hasil yang diharapkan.
TEORI DAN TATA KERJA
Berisi teori baru atau lama yang dimodifikasi, bagaimana penelitian dilakukan, bahan serta peralatan utama dan rancangan penelitian /percobaan.
HASIL DAN PEMBAHASAN
Berisi data informasi yang telah diolah, dapat disajikan dalam bentuk gambar atau tabel, pembahasan harus berdasarkan penalaran yang ilmiah dan menunjukkan keterkaitan antara hasil dengan konsep yang telah dikemukakan.
KESIMPULAN
Berisi hasil yang diperoleh atau rangkuman dari pembahasan.
UCAPAN TERIMA KASIH
Berisi ucapan yang diajukan kepada pihak yang membantu terlaksananya penelitian.
DAFTAR PUSTAKA
      Diberi nomor sesuai acuan, nama ditulis dengan huruf kapital tanpa gelar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Terbaru